In House Training Teknik Pembuatan SOP dan IK pada Laboratorium di Instansi Pendidikan sesuai Standar Internasional

  • 16 Februari 2024
  • 02:26 WITA
  • Administrator
  • Berita

Makassar, 15 Februari 2024 - Laboratorium Terpadu FMIPA UNM bersama PT. Lab Mania Indonesia sukses menyelenggarakan in-house training mengenai Teknik Pembuatan SOP (Standard Operating Procedure) dan IK (Instruksi Kerja) yang sesuai dengan Standar Internasional. Acara berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WITA dan dihadiri oleh kepala laboratorium serta Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dari berbagai perguruan tinggi dan SMA di Sulawesi Selatan.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam mengembangkan dan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (IK) di laboratorium  sehingga dapat meningkatkan kualitas serta keamanan dalam melakukan praktik laboratorium. 

Narasumber utama dalam acara ini adalah Retno Novvitasari Hery D., S.Si., M.Sc, yang didampingi oleh fasilitator Aisyah Poniman dari PT Lab Mania Indonesia. Keduanya berhasil memukau para peserta dengan paparan materi yang mendalam dan aplikatif.

Ketua Program Studi Kebidanan UIN Alauddin Makassar, Anieq Mumthi'ah Al-Kautzar, S. ST., M.Keb turut memberikan dukungan yang besar terhadap kegiatan ini, terbukti dengan partisipasi dua orang PLP, yakni Nurhidayat, S.KM., M. Kes dan Andi Mahdiyyah Arif, S.Keb. 

Nurhidayat, salah satu peserta, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap dukungan pimpinan serta kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Dia menekankan pentingnya materi yang tidak hanya mencakup SOP dan IK, tetapi juga praktik dokumentasi yang baik (good documentation practice) yang sangat relevan dalam pengelolaan laboratorium. Dia juga mengharapkan agar kegiatan serupa dapat diadakan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, sebagai langkah untuk peningkatan kualitas pengelolaan laboratorium di berbagai instansi pendidikan.