SEMINAR NASIONAL “ KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19”

  • 17 Juni 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prodi Kebidanan UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema “Kesehatan Reproduksi Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19 (Perilaku Beresiko Dan Permasalahannya) melalui Virtual Zoom-Meeting dan Live Streaming Facebook (KebidUINAM). Acara Seminar Nasional ini dihadiri oleh  Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan,  Dekan & Para Wakil Dekan Fakultas Kedokteran & ilmu Kesehatan, Wakil Dekan 1 Fakultas Ushuluddin, Para Dosen, Mahasiswa, Alumni dan Masyarakat Umum yang sebagian besar berprofesi sebagai Bidan serta peserta seminar kurang lebih 3600 peserta.

Dalam laporannya Ketua Panitia memaparkan tentang  kegiatan Seminar Nasional yang diadakan oleh Prodi Kebidanan UIN Alauddin Makassar. Masa remaja merupakan salah satu masa yang sangat penting dalam siklus hidup manusia dimana terjadi perubahan yang sangat dramatis baik perubahan fisik, seksual, psikologis, maupun mental. Era globalisasi dan keterbukaan informasi, misalnya internet membuat segala bentuk informasi menjadi sangat mudah didapat. Keingintahuan remaja tentang seksualitas dan dorongan seksual menyebabkan remaja terlibat dalam aktivitas seksual, yang pada akhirnya menciptakan masalah pada remaja yang berhubungan dengan perilaku seksual, seperti kekerasan seksual, kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi, dan pernikahan dini.

Bidan  sebagai pemberi pelayanan kesehatan primer merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan reproduksi remaja. Bidan diharapkan mampu memahami masalah kesehatan remaja sehingga mampu melakukan tindakan preventif, deteksi dini, serta konseling dan tindakan awal. Sehingga diharapkan dengan Seminar dapat menciptakan lulusan bidan yang memiliki cakrawala pikir, sikap dan perilaku yang peduli terhadap “Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)” yang kompeten.

Narasumber dalam Seminar Nasional  ini adalah:

Dra.A.Ritamariani,M.Sc selaku Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan

Dr.Hj. Rahmi Damis,M.Ag (WD 1 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat)

Firdayanti, S.SiT,M.Keb ( Ketua Prodi DIII Kebidanan).

 

Berita Terkait